BAHASA INDONESIA 2
“Makalah Tentang Langkah-langkah dan Urutan Karya Ilmiah”
Salia Putri
16212792
3EA12
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
- RUMUSAN MASALAH
- Bagaimana langkah-langkah karya ilmiah?
- Bagaimana urutan dalam pembuatan karya ilmiah?
- TUJUAN PENULISAN
- Untuk memahami langkah-langkah dalam membuat karya ilmiah.
- Untuk mengetahui urutan-urutan yang benar dalam karya ilmiah.
- MANFAAT PENULISAN
- Dapat dijadikan sebagai sumber informasi terkait pemahaman mengenai langkah-langkah dan urutan karya ilmiah;
- Dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran di dalam penulisan makalah.
Karya ilmiah adalah suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan (science) dan teknologi yang berbentuk ilmiah. Suatu karya dapat dikatakan ilmiah apabila proses perwujudannya lewat metode ilmiah. Jonnes (1960) memberikan ketentuan ilmiah, antara lain dengan sifat fakta yang disajikan dan metode penulisannya.
Bila fakta yang disajikan berupa fakta umum yang obyektif dan dapat dibuktikan benar tidaknya serta ditulis secara ilmiah, yaitu menurut prosedur penulisan ilmiah, maka karya tulis tersebut dapat dikategorikan karya ilmiah, sedangkan bilamana fakta yang disajikan berupa fakta pribadi yang subyektif dan tidak dapat dibuktikan secara benar tidaknya serta tidak ditulis secara imiah,karya tulis tersebut termasuk karya tulis non ilmiah.
Dari latar belakang diatas, dapat disimpulkan rumusan permasalahan yaitu:
Berdasarkan rumusan masalah, maka adapun tujuan penulisan, yaitu:
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini yaitu:
BAB II
PEMBAHASAN
- PENGERTIAN KARYA ILMIAH
- LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN KARYA ILMIAH
- Memilih Topik dan Tema
- Isu-isu yang masih hangat.
- Peristiwa-peristiwa nasinal atau internasional.
- Sesuatu (benda, karya, orang, dan lain-lain) yang dikaitkan dengan permasalahan poltiik, pendidikan, agama, dan lain-lain.
- Pengalaman-pengalaman pribadi yang berbobot. Dalam pertimbangan ini bila akan menulis karya ilmiah bidang pendidikan maka yang menjadi pertimbangan adalah topic tentang pendidikan.
- Menetapkan topic yang akan dikembangkan.
- Mencari kemungkinan terdapatnya sumber sebanyak mungkin, dan
- Mencari verifikasi yang memungkinkan dilaksanakannya kegiatan penulisan atau penelitian.
- Memilih salah satu aspek khusus dari topic yang menjadi pilihannya.
- Membatasi waktu dan ruang dari aspek yang telah dipilihnya, dan
- Memilih peristiwa khusus dari pembatasan tersebut.
- Pertama, penulis dapat memilih topic yang telah menjadi minatnya.
- Kedua, penulis dapat memilih topic yang diperkirakan dapat mengembangkan minatnya.
- Ketiga, topic tersebut mengundang rasa ingin tahu penulis.
- Penulis harus mampu menangani topic yang menjadi pilihannya.
- Penulis mempunya keinginan yang cukup besar utnuk mengerjakan.
- Penulis mempunyai sarana, prasarana, dan waktu yang cukup unutk mengembangkan topic pilihannya.
- Kemanfaatan hasil, sejauh mana penelitian terhadap masalah tersebut akan memberikan sumbangan kepada khasanah teori ilmu pengetahuan atau kepada pemecahan masalah-masalah praktis.
- Kriteria pengetahuan yang dipermasalahkan, yaitu mempunyai khasanah keilmuan yang dapat dipakai untuk pengajuan hipotesis dan mempunyai kemungkinan mendapatkan sejumlah fakta empiris yang diperlukan guna pengujian hipotesis.
- Persyaratan dari segi peneliti, sejauh mana kemampuan peneliti untuk melakukan penelitian. Hal ini setidaknya menyangkut 5 faktor, yaitu: biaya, waktu, alat dan bahan, bekal kemampuan teoritis peneliti, dan penguasaan peneliti terhadap metode penelitian yang akan digunakan.
- Mengumpulkan Bahan
- Merencanakan Kerangka Penulisan
- Penyusunan kerangka dapat membantu penulis mengorganisasikan ide-idenya.
- Penyusunan kerangka mempercepat proses penulisan, dan
- Penyusunan kerangka dapat meningkatkan kualitas bahasa.
- Penulisan Karya Ilmiah
- Pilihan kata dalam setiap kalimat dalam paragraf.
- Kalimat-kalimat dalam paragraf harus saling mendukung (tidak ada kalimat sumbang, yakni yang tidak mendukung ide pokok dalam paragraf).
- Setiap paragraf mengandung satu ide pokok yang dikembangkan dengan beberapa ide penjelas.
- Bahasa yang digunakan mengikuti kaidah yang berlaku.
- Ejaan dan tanda baca harus diperhatikan.
- Ada keterpaduan antara paragraf berikutnya.
- Penyuntingan, Revisi dan Draf Final
- Teknis penulisan (sistematika, ejaan, dan tanda baca).
- Kalimat.
- Paragraf.
- Bahasa, dan
- Isi.
- URUTAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
- Cover Judul Karya Tulis;
- Kata Pengantar;
- BAB I (Pendahuluan);
- BAB II (Tinjauan Pustaka atau Landasan Teori);
- BAB III (Pembahasan);
- BAB IV (Penutup);
- Daftar Pustaka;
- Biodata Penulis.
- Latar Belakang;
- Perumusan Masalah;
- Tujuan Penulisan;
- Manfaat Penulisan: Masyarakat, Pemerintah, dan Akademis.
- Kesimpulan
- Saran
- Nama Penulis
- Alamat Penulis
- Nomor Telepon
- Foto Penulis.
Pengertian karya ilmiah menurut Eko Susilo, M. 1995:11, suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya / keilmiahannya.
Berikut langkah-langkah dalam penyusunan karya ilmiah:
Pengertian topic dan tema sering dikacaukan. Wahab (1994:4) menyebutkan bahwa yang dimaksud topic adalah bidang medan atau lapangan masalah yang akan digarap dalam karya tulis atau penelitian. Sementara itu, tema diartika sebagai pernyataan sentral atau pernyataan inti tentang topic yang akan ditulis. Topic yang memang masih terlalu luas harus dibatasi menjadi sebuah tema.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan topic adalah hal berikut.
Cara yang mudah untuk mencari topic adalah dengan membaca secara cepat berbagai sumber informasi, khususnya tentang pendidikan. Hal ini bertujuan antara lain:
Selanjutnya penulis perlu membatasi topic. Karena itu, penulis hendaknya:
Selain itu, Wahab (1994:1-2) menyebutkan 3 hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan topic.
Selain ketiga hal itu, latar belakang pengetahuan penulis terhadap topic yang dipilihnya juga sangat berperan. Dalam pemilihan suatu topic, penulis harus memperhatikan 3 kriteria berikut ini:
Setiap topic atau masalah yang dibahas dalam penelitian harus layak. Dalam hal ini, kelayakan suatu masalah penelitian berkaitan dengan banyak faktor. Faktor itu antara lain sebagai berikut.
setelah memilih topic dan menentukan tema penulisan, penulis mulai mengumpulkan bahan. Bahan bisa didaptkan dari berbagai media cetak maupun elektronika. Bahan-bahan tersebut dikumpulkan terutama yang relevan dengan topic dan tema yang akan ditulis. Pemilihan bahan yang relevan ini bisa dengan cara membaca atau mempelajaro bahan secara sepintas serta menilai kualitas isi bahan. Bahan yang sudah terkumpul tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkaya pengetahuan penulis dan sebagai landasan teoritis dari karya tulis tersebut.
Setelah memilih topic dan menentukan tema penulisan, serta mengumpulkan bahan yang relevan, penulis mulai merencanakan susunan kerangka penulisan. Wahab (1994:29) menyebutkan 3 alasan penulis perlu menyusun kerangka penulisan. 3 alasan tersebut adalah:
Setelah kerangka penulisan karya imiah tersusun, langkah selanjutnya yang dilakukan penulis adalah mengembangkan kerangka penulisan karya ilmiah tersebut menjadi paragraf-paragraf pengembangan. Pengembangan sebuah paragraf harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
Setelah kerangka dikembangkan menjadi beberapa paragraf dengan memperhatikan beberapa hal dalam pengembangannya, kegiatan berikutnya adalah penyuntingan. Penyuntingan ini dapat dilakukan oleh penulis itu sendiri, dapat juga dengan bantuan orang lain. Proses penyuntingan ini meliputi beberapa unsur, yaitu:
Setelah melalui proses penyuntingan ini, penulis mulai merevisi karya tulisnya. Pada akhirnya, draf final karya tulis ilmiah tersebut dapat disusun dan dipublikasikan.
Penyusunan karya ilmiah mempunyai urutan yaitu:
Isi dari BAB I atau Pendahuluan adalah:
Isi dari BAB II atau Tinjauan Pustaka adalah teori-teori atau penulisan yang berkaitan dan berguna sebagai penunjang penulisan karya ilmiah yang terkait dengan judul dari penelitian yang dibuat.
Isi BAB III atau Pembahasan adalah jawaban atas perumusan masalah yang ditinjau berdasarkan tinjauan pustaka dan latar belakang belakang penelitian.
Isi BAB IV atau Penutup adalah:
Isi Biodata Penulis:
BAB III
PENUTUP
Disemua uraian penutup yang dimuat dalam makalah ini, terdapat beberapa hal yang harus dicermati. Pertama, sebuah karya ilmiah sebagaimana dalam makalah ini adalah suatu pemikiran yang utuh. Karya tersebut merupakan sebuah gagasan lengkap, yang mungkin sangat rumit atau sederhana saja. Dalam menulis karya ilmiah, seorang penulis diharapkan mampu untuk mengkomunikasikan temuan atau gagasan ilmiahnya secara lengkap agar mudah dipahami. Kedua, menulis karya ilmiah berbeda dengan karya imajinatif. Persiapan yang seksama dan pemikiran yang matang dan runtut perlu diperhatikan. Ketiga, dalam menyampaikan pemikirannya, penulis tidak mungkin mengabaikan perkembangan yang terjadi di sekitarnya, khususnya yang terjadi dalam bidang keilmuannya sendiri. Keempat, sarana utama dalam menyusun dan menyampaikan pemikiran adalah bahasa. Bahasa sebuah system komunikasi memiliki aturan-aturan sendiri sekalipun system itu terus berkembang. Terakhir, adalah masalah tanggung jawab, sekalipun kata ini tidak banyak bermunculan dalam buku ini, tulisan-tulisan yang ada mengajak pembaca untuk menyadari bahwa seorang penulis mempunyai berbagai tanggung jawab. Dalam menulis kerangka tulisan ilmiah yang perlu diperhatikan adalah bagian-bagian dalam tulisan ilmiah, terutama dalam jurnal imliah antara lain, judul tulisan, nama dan alamat penulis, abstrak, kata pengantar, permasalahan penelitian, bahan dan cara penelitian, hasil pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar