Translate

Jumat, 17 Oktober 2014

KEPRIBADIAN, NILAI DAN GAYA HIDUP

JURNAL

Judul : “Analisis Gaya Hidup Konsumen Remaja di Kota Purworejo”

Sumber : Http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/download/1057/1002

Oleh : Titin Ekowati dan Intan Puspitasari

Review:

Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang dan pada akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang. Ada yang senang mencari hiburan bersama kawan-kawannya, ada yang senang bepergian bersama keluarga, ada yang memilih untuk menyendiri di tempat yang tenang dan lain sebagainya. Penelitian ini akan berfokus pada gaya hidup remaja karena remaja merupakan segmen yang penuh dinamika. Hal ini dapat dijelaskan karena usia remaja merupakan tahapan untuk mencari jati diri, mencari identitas diri, dan mencari figure yang dapat digunakan sebagai referensi. Sehingga kehidupan remaja sangat menarik untuk diteliti terkait dengan gaya hidup mereka.

Penulis menggunakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan indepth interview. Penelitian ini bersifat kualitatif. Penulis juga menggunakan bantuan koresponden, terdapat 9 responden yang dapat diteliti, antara lain:

  1. Responden yang pertama cenderung beraktivitas sedang atau tidak terlalu padat terutama untuk aktivitas berbelanja. Dari sisi interest, responden ini ada kecenderungan tertarik pada hal-hal yang bersifat kebersamaan. Pemasar dapat membidik konsumen ini dengan produk-produk yang unik dan mempunyai nuansa kebudayaan dan konsumen ini termasuk konsumen yang cukup cerdas sehingga tidak terpengaruh oleh iklan yang berlebihan;

  2. Responden yang kedua dan ketiga adalah orang yang cukup sibuk karena selain kuliah juga sebagai seorang salesman juga cenderung suka berkumpul dengan teman-teman dan mengikuti keanggotaan klub voli. Pemasar dapat membidik konsumen ini dengan produk yang umum atau banyak diminati oleh banyak orang. Konsumen ini tidak begitu terpengaruh oleh iklan tetapi lebih banyak terpengaruh oleh informasi dari teman yang sudah pernah menggunakan produk tersebut;

  3. Responden yang keempat dan kelima adalah orang yang tidak begitu padat aktivitasnya karena kegiatan kuliah saja dan tidak mengikuti keanggotaan klub. Pemasar dapat membidik konsumen ini dengan produk yang bersifat alami karena dia menyukai hal-hal yang alami dan konsumen ini tidak begitu terpengaruh oleh iklan tetapi lebih banyak terpengaruh oleh informasi dari teman yang sudah pernah menggunakan produk tersebut;

  4. Responden yang ke enam adalah orang yang cukup padat aktivitasnya karena selain kuliah juga mengikuti keanggotaan klub futsal. Dari sisi opinion, responden cukup memiliki wawasan yang cukup luas. Dari sisi interest, responden menyukai hal-hal yang berbau alami dan pemasar dapat membidik konsumen ini dengan produk yang bersifat alami. Konsumen ini juga cenderung terpengaruh oleh iklan dan terpengaruh pula oleh informasi dari teman yang sudah pernah menggunakan produk tersebut;

  5. Responden yang ketujuh, kedelapan dan kesembilan adalah orang yang tidak begitu padat aktivitasnya karena kegiatannya hanya kuliah saja tanpa mengikuti keangotaan apapun. Dari sisi opinion, responden ini mempunyai wawasan yang cukup luas dan percaya diri. Dari sisi interest, responden ini menyukai sesuatu yang bersifat alami dan pemasar dapat membidik konsumen ini dengan produk yang alami atau berbau kehijauan.

Hasil penelitian ini menjelaskan tentang gaya hidup sekelompok remaja yang ada di kota Purworejo. Dari hasil penelitian dapat diijelaskan bahwa dari sisi aktivitas, ada kecenderungan remaja di Purworejo mempunyai aktivitas yang tidak begitu padat. Biasanya mereka berstatus mahasiswa dan mengikuti keanggotaan klub. Dari sisi interest, mereka cenderung berbelanja hanya untuk kebutuhannya saja sehingga jarang diantara mereka yang masuk kedalam kelompok pecandu belanja atau shoppaholic. Dari sisi opinion, mereka mempunyai wawasan yang cukup luas dan ada beberapa yang menyukai tentang budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar